Pages

Saturday, February 21, 2015

Kelebihan Memahami Al Qur’an Melalui Belajar Bahasa Arab secara Online

Setiap muslim diwajibkan untuk mengerti kitab suci yang menjadi pedomannya. Karena bahasa yang digunakan dalam kitab suci menggunakan bahasa Arab, maka sudah seharusnya Anda mengetahui dan bisa menerjemahkan setiap kalimat dalam kitab suci tersebut. Untuk hal tersebut, Anda harus belajar bahasa Arab.

Adapun cara untuk belajar bahasa Arab bisa dilakukan secara konvensional atau dengan cara online. Untuk belajar secara konvensional, anda cukup mengikuti pengajian pembelajaran Al qur’an yang memberikan metode terjemah. Jika ingin mendapatkan ilmu pembelajaran yang lebih dari itu, Anda bisa mendaftar menjadi santri di pondok pesantren. Namun hal tersebut harus dengan kebulatan tekad karena akan dalam jangka waktu yang lama Anda berada di sana.

Belajar Bahasa Arab


Sistem belajar bahasa Arab juga kini bisa ditemui di beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan bahasa Arab. Pembelajaran dilakukan secara kontinyu sesuai jadwal. Namun untuk bisa masuk ke perguruan tinggi terbatas oleh kendala usia dan biaya.

Ada satu lagi sistem pembelajaran bahasa arab yang bisa semua orang lakukan. Cara ini menggunakan sistem online. Adapun kelebihan dari pembelajaran secara online yaitu :

1.    Hemat biaya

sistem belajar secara online memberikan kesempatan bagi yang tidak memiliki biaya untuk kuliah atau pesantren. Pembelajaran dengan menggunakan sistem internet tersebut bahkan bisa dikatakan gratis. Jika Anda harus membayar, mungkin hal itu hanya untuk membeli ebook saja. Dengan kemudahan dalam segi biaya, tentunya untuk bisa berbahasa Arab kini bukan lagi khayalan.

2.    Hemat waktu

Bagi yang tidak memiliki banyak waktu di luar atau sibuk dengan rutinitasnya, Anda bisa mencoba belajar bahasa Arab dengan menggunakan internet. Anda bisa menentukan sendiri kapan Anda mau dan siap untuk belajar. Anda yang sudah letih bekerja bisa mengistirahatkan terlebih dahulu diri anda dan kemudian bisa langsung mempelajari metode-metode yang ada di website. Anda pun tidak harus keluar rumah untuk bisa belajar. Waktu Anda tidak akan habis di perjalanan sehingga waktu akan lebih optimal dan bisa dialokasikan untuk hal penting lainnya.

3.    Usia bebas

Usia kadang menjadi sebuah penghalang seseorang untuk bisa belajar secara formal. Untuk mengikuti kursus yang bebas usia pun Anda akan kesulitan untuk mencari teman yang sebaya. Dengan penggunaan internet sebagai media belajar bahasa Arab, Anda dibebaskan dalam segi usia apakah muda atau tua. Semua bisa mengikuti pembelajaran, yang terpenting adalah mengerti cara menggunakan internet.

Anda akan dibimbing dengan perlahan setiap metode yang akan diberikan. ada yang berupa video, chatting hingga tugas-tugas yang harus diselesaikan. Semua hal tersebut untuk memudahkan Anda mempelajari bahasa Arab yang sesuai dengan usia.

Itulah cara belajar bahasa Arab dan beberapa keuntungan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan sistem online. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, Anda bisa bertambah mahir berbahasa Arab dan tentu akan menjadikan usaha anda lebih optimal. Anda pun bisa memahami kitab suci dan bisa berbicara dengan orang Arab saat pergi ke tanah suci nanti. Amin
>